Contoh dan Aturan Penambahan “-ing” dan “-ed” Dalam Kata Kerja Bahasa Inggris

Contoh dan Aturan Penambahan “-ing” dan “-ed” Dalam KataKerja Bahasa Inggris – Penggunaan “-ing” atau “-ed” dalam suatu kata kerja digunakan untuk semua tenses kecuali simple present tense. Penggunaan “-ing” memperlihatkan pada aktivitas atau kejadian (juga menunjukkan perubahan kata kerja) dalam continuous tense, continuous tense dapat berupa past continuous tense, present continuous tense, dan future continuous tense. Sedangkan “-ed” memperlihatkan perubahan pada kata kerja, perubahan menjadi verb2 atau verb3 (verb regular). Kemudian ketika kita ingin mamakai verb2 atau verb3 maka kita harus melihat kembali pada rumus tenses yang dipakai, sebab penggunaan ini akan berbeda-beda tergantung dengan aktivitas dan atau kejadiannya.

Kita disekolah sudah mempelajari continuous tense dan kita juga telah memperoleh ilmu tentang past tense. Di dalam dua bidang ilmu tersebut ada satu hal penting yg tidak boleh terlewatkan, yaitu perubahan kata kerja. Tanpa adanya perubahan kata kerja, maka kalimat yng akan didesain bisa gagal dan tidak mampu mencapai arti yang sempurna. Perubahan kata kerja yang dimaksud disini adalah perubahan bentuk “-ing” dan “-ed”.

Contoh dan Aturan Penambahan “-ing” dan “-ed” Dalam Kata Kerja Bahasa Inggris
google images - Contoh dan Aturan Penambahan “-ing” dan “-ed” Dalam Kata Kerja Bahasa Inggris

Dalam pembentukannya terlihat begitu sangat mudah. Sebab untuk banyak kata kerja seperti work, play, open, like, link, dan type, kamu bisa dengan hanya menambahkan “-ing” dan “-ed” pada akhir huruf tersebut. Di bawah ini adalah contoh kata kerja yg tidak memerlukan aturan khusus dalam penambahan “-ing” dan “-ed”.
  • Work – Working – Worked
  • Play – Playing – Played
  • Add – Adding – Added
  • Adopt – Adopting – Adopted
  • Borrow – Borrowing – Borrowed
Dengan demikian, ada pengecualian kepada kata kerja dengan bentuk tertentu sehingga kamu tidak hanya menambahkan bentuk “-ing” dan “-ed” saja. Apa saja jenis kata kerja tersebut? Bagaimana cara membentuknya? kamu akan mendapatkan penjelasannya melalui kalimat demi kalimat berikut pada artikel ini.

Kata Kerja Konsonan – Vokal - Konsonan

Apabila kamu menemukan kata “STRESS” atau penekanan pada akhir suku kata atau keseluruhan suku kata, maka kamu hanya menambah satu konsonan, kemudian menambahkan “-ing” atau “-ed”. Di bawah ini adalah contoh tabel kata kerja yang menggunakan “Konsonan – Vokal – Konsonan” dan kemudian mempunyai STRESS.

Konsonan berwarna biru, Vokal berwarna merah, sedangkan STRESS akan digarisbawahi. Jadi kamu akan mengetahui dimana letak penekanan dalam ucapan kata tersebut. Kata kerja di bawah ini diubah dengan cara menambahkan satu lagi konsonan yang sama di akhir kata. Lihat tabe di bawah ini:

BEG   =  BEGG + -ING/-ED  =   BEGGING  =  BEGGED
STOP  =  STOPP + -ING/-ED =  STOPPING  =  STOPPED
PLAN  =  PLANN + -ING/-ED  =  PLANNING  =  PLANNED
TAP  =  TAPP + -ING/-ED  =  TAPPING  =  TAPPED

Tetapi, ada beberapa kata kerja yg memiliki STRESS di awal dan tidak secara keseluruhan. Walaupun kata kerja tersebut menggunakan sistem “Konsonan + Vokal + Konsonan” maka kamu hanya menambahkan bentuk “-ing” atau “-ed” saja tanpa harus melakukan penambahan satu konsonan lagi. Lihat contoh lengkapnya dimana STRESS akan digarisbawahi:

OPEN  =   OPEN + -ING/-ED  =  OPENING  =  OPENED
VISIT  =   VISIT + -ING/-ED  =  VISITING  =  VISITED
LISTEN  =  LISTEN + -ING/-ED   =   LISTENING =  LISTENED

Kata Kerja Yang Diakhiri Dengan “E”

Kata kerja yang diakhiri dengan “e” ini penambahan “-ing” atau “-ed” dapat dilakukan dengan gambang, karena kamu hanya menghilangkan huruf “e” dibagian akhir kata, kemudian tambahkan dengan “-ing” atau “-ed”. Lihat contoh berikut penggunannya dengan huruf “e” sebagai berikut:

SNORE  =  SNOR + -ING/-ED   =  SNORING/SNORED
RETIRE  = RETIR + -ING/-ED  =   RETIRING/RETIRED
LIKE  =  LIK + -ING/-ED   =  LIKING/LIKED

Kata Kerja Yang Diakhiri Dengan “IE”
Apabila kamu menemukan kata kerja yg diakhiri dengan “ie” maka cara mengubah ke bentuk “-ing” juga sangat mudah sebab hanya diharuskan untuk mengganti “ie” dengan “y”, kemudian tambahkan “-ing”. Tetapi, saat kamu ingin menambahkan “-ed”, jangan melakukan perubahaan apa-apa dan cukup tambahkan “d” di bagian akhir kata. Lihat contoh tabel dibawah dengan “ie” berikut ini?

DIE  =  DY + -ING  =  DYING   =    DIED
LIE  =  LY + -ING  =  LYING    =    LIED
TIE  =  TY + -ING =  TYING   =   TIED


Dengan banyak penjelasan dan contoh yang saya berikan di atas, saya harap kamu bisa mengerti dengan baik tentang aturan penambahan “-ing”atau “-ed” di dalam kalimat bahasa Inggris. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya pada halaman blog ini untuk mengetahui materi pelajaran bahasa inggris lainnya. Ini adalah blog yang berisi materi pelajaran bahasa inggris dan kumpulan kata-kata bijak bahasa inggris serta artinya.


0 Response to "Contoh dan Aturan Penambahan “-ing” dan “-ed” Dalam Kata Kerja Bahasa Inggris"

Posting Komentar