Aturan Penggunaan “a”, “an”, dan “the” Dalam Bahasa Inggris

Aturan Penggunaan “a”, “an”, dan “the” Dalam Bahasa Inggris – Ketika mengobrol dalam bahasa Inggris, pernahkan kamu merasa kebingungan kapan seharusnya menggunakan kata ‘a dog’ atau ‘the dog’? Disini saya akan menerangkan kapan kita seharusnya memakai kata ‘a’, ‘an’, dan ‘the’ di dalam kalimat sehari-hari.

Kata ‘a’, ‘an’, dan ‘the’ merupakan tipe kata artikel yang terbagi menajdi dua kelompok, yakni definite dan indefinite. Kata ‘the’ termasuk definite, yang berarti telah pasti. Sedangkan kata ‘a’ dan ‘an’ termasuk indefinite, yang berarti tak pasti atau secara general. Kita memakai kata ‘the’ ketika kita mau mengungkapkan suatu hal yang pasti. Kata ‘a’ dan ‘an’ dipakai ketika kita mau mengungkapkan suatu hal yang sifatnya umum atau general.

Aturan Penggunaan “a”, “an”, dan “the” Dalam Bahasa Inggris
Aturan Penggunaan “a”, “an”, dan “the” Dalam Bahasa Inggris

Kita sering melihat kalimat atau frase yang mempunyai “a, an, dan the” didalamnya. Sebenarnya apa nama ketiga hal tersebut? Perlu kamu ketahui bahwa ketiganya dinamakan dengan “article”. Pada dasarnya article adalah sebuah bagian yang digunakan untuk memodifikasi kata benda.

Bahasa inggris mempunyai dua jenis article yakni “a” dan “an”, dan “the”. Kita menyebut kedua bentuk article tersebut sebagai indefinite article dan definite article. Tentang kedua artikel tersebut sudah dijelaskan diatas

Contohnya, saya mengucapkan “Let’s go to the bus” jika hal itu yang saya ucapkan maka terdapat bus yang spesifik dan kita semua telah mengetahui bus tersebut. Selanjutnya, saya mengucapkan “budi, take the book please”, ketika saya mengucapkan maka lawan bicara saya yaitu budi, sudah mengetahui buku apa yang dimaksud. Berikut ini adalah penjelasan lengkap bagaimana aturan penggunaan “a, an, dan the” dalam bahasa inggris.

Aturan Penggunaan “a”, “an”, dan “the” Dalam Bahasa Inggris

Berbeda dengan “a” atau “an”, contohnya saya mengucapkan “budi, take a book please”, maka budi tidak mengetahui buku apa yang harus diambilnya sebab sebuah kalimat yang berisi “a” atau “an” tidak menunjukkan benda yang spesifik.

Aturan Penggunaan “a” dan “an” Dan Contohnya
“Every night, i take a coffee for my father and we begin talk about business, football, and many other things”.
Artinya: Setiap malam, saya mengambil kopi untuk ayah saya dan kami mulai membicarakan bisnis, sepak bola, dan banyak hal lainnya.
Dalam kalimat tersebut, tidak begitu spesifik jenis kopi apa yang disajikan. Tak ada kopi yang spesifik mereka sukai dan tentu mereka bisa saja berganti-ganti jenis kopi)

“Call a policeman when you see the robber walk here”
Artinya: Panggil polisi saat Anda melihat si perampok berjalan di sini
Kalimat tersebut cuman menunjukkan bahwa seseorang diharuskan untuk memanggil polisi, siapapun itu apakah dia polisi gemuk, kurus, wanita, atau pria, tentu tidak masalah. Sebab yang terpenting adalah polisi

Ingat, bahwa penggunaan “a” atau “an” harus melihat pada kata huruf yang paling awal di sebuah kata. Jika konsonan, maka gunakan “a”, dan apabila vocal maka gunakanlah “an”. Berikut ini adalah aturan lengkap cara penggunaan kedua hal tersebut.

– A + Sebuah kata benda yang memmiliki konsonan di awal kata. Contohnya: a zoo, a mountain, a chair, a bike, a fan, a book, dan a ruler.

– A + Sebuah kata benda yg dimulai dengan bunyi konsonan. Walaupun kata benda tersebut dimulai dengan huruf vocal, tapi apabila bunyi konsonan maka sudah pasti tetap memakai “a”. Contohnya: a university, a user, dan a unit. Ketiga contoh kata benda tersebut diawali dengan huruf vocal, tetapi semuanya dibaca dengan awalan “yoo” (yoo-zer, yoo-nit).

– An + Sebuah kata benda yg diawali dengan huruf vokal baik penyebutannya ataupun kata-katanya itu sendiri. Contohnya: an airplane, an axe, an apple, an ant, an egg, dan an idiot.

Itulah hal-hal yang harus kamu ketahui bagaimana dalam penggunaan “a” atau “an”. Selanjutnya pada tahap berikutnya kamu akan saya berikan pemahaman khusus mengenai atauran penggunaan “the”.

Penggunaan "the" Secara Lebih Tereperinci

Aturan Penggunaan “the” Dan Contohnya
“I usually read the book in a bus when I go to school”
Artinya: Saya biasanya membaca buku di bus saat saya pergi ke sekolah
Disini kita sedang berbicara sebuah buku yg sudah jelas maksudnya. Bisa jadi, orang di dalam kalimat tersebut hanya membaca satu buah buku setiap dia berangkat sekolah.

“I am going give you the video game next week”
Artinya: Saya akan memberikan video game minggu depan
Video game yng akan diberikan sudah jelas maksudnya, mungkin video game tersebut adalah video game favorit yang sangat diinginkan oleh lawan bicara dalam kalimat tersebut.

Secara garis besar, pemakaian “the” dalam kalimat verbal dan artikel mencakup kepada hal tersebut. Selanjutnya, ada aturan yang penting mengenai penggunaan “the”di dalam sistem geografi yang akan dijelaskan dalam poin-poin berikut ini.

Jangan Gunakan “the” Pada Sistem Geografi Berikut Ini:

  • Sebagian besar negara atau wilayah (Misalkan: Canada, China, New Zealand).
  • Kota, ibu kota, kota atau negara (Misalnya: Ottawa, Paris, California, France).
  • Jalan (Misalnya: Front Street, Lakeview Avenue, Dogwood Crescent).
  • Danau (Misalnya: Lake Ontario, Lake Placid, Bear Lake, Lake Toba).
  • Teluk (Misalnya: Fundy Bay).
  • Gunung (Misalnya: Kilimanjaro, Krakatau, Mount Everest).
  • Benua (Misalnya: America, Africa, Australia, Asia).
  • Pulau (Misalnya: Sumatra, Jawa, Madagaskar).


Gunakan “the” Sebelum Nama-nama Berikut Ini:

  • Sungai, samudra, laut (misalnya: the Mississippi River, the Atlantic Ocean, the Mediterranean).
  • Teluk yang menggunakan “bay” di awal (Misalnya: the Bay of Fundy, the Bay of Bengal).
  • Semenanjung (Misalnya: the Persian Gulf, the Arabian Peninsula).
  • Pegunungan (Misalnya: the Rockies, the Dolomites, the Laurentians, the Bukit Barisan).
  • Kutub (Misalnya: the North Pole).
  • Wilayah geografis (Misalnya: the Middle East, the South).
  • Padang pasir dan hutan (Misalnya: Gobi Desert, the Black Forest).


Itulah penjelasan Aturan Penggunaan “a”, “an”, dan “the” Dalam Bahasa Inggris. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa menjadi referensi belajar bahasa inggris. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya pada halaman blog ini. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Aturan Penggunaan “a”, “an”, dan “the” Dalam Bahasa Inggris"

Posting Komentar