Aturan Penggunaan “can” Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

Aturan Penggunaan “can” Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya - "Can" ialah salah satu wujud modals yang sering kali dipakai dalam percakapan sehari-hari. Fungsi utama “can” yang sering kali kita kenal ialah mengenai sebuah kemampuan. Contohnya, saya bisa membaca, dia bisa menulis, kami dapat mengendarai sepeda, kami dapat berjalan sangat jauh, dan masih banyak ungkapan mengenai kecakapan.

Akan tapi, pada situasi di dalam percakapan dan penulisan bahasa Inggris, “can” dapat mempunyai bermacam-macam fungsi. Bagaimana kegunaan “can” semuanya? Ayo kita simak penjelasaannya dibawah ini.
Aturan Penggunaan “can” Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya
google images - Aturan Penggunaan “can” Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

Mengungkapkan Kemungkinan 

Kita memakai “can” untuk mengungkapkan sebuah kemungkinan dan ketidakmungkinan seseorang dalam melakukan sesuatu. Sebagai contoh, kalimat-kalimat berikut ini akan menjelaskannya kepada kamu.
  • Can you bring that heavy bag? (Bisakah kamu bawa tas berat itu?)
  • I can’t go to the cinema tonight (Aku tidak bisa pergi ke bioskop malam ini)
  • You can leave me and pick your child up now (Kamu bisa meninggalkan saya dan memilih anak Kamu sekarang)
  • You can eat in here if you want (Kamu bisa makan di sini kalau mau)
Kita lihat kalimat pertama diatas, dimana seseorang mengatakan bahwa “Bisakah kamu membawa tas yang berat itu?” Seorang yang berbicara tersebut mengatakan sebuah kemungkinan kepada kemampuan orang lain dalam membawa tas yang berat tersebut.


Mengungkapkan Kemampuan

  • I can speak English well (Saya bisa berbahasa Inggris dengan baik)
  • I cannot drive (Saya tidak dapat mengemudi)
  • I can’t find him (Aku tidak bisa menemukannya)
Kalimat pertama yang diucapkan oleh pembicara “Saya bisa berbahasa Inggris dengan baik”. Dia menyatakan bahwa dia memiliki kemampuan untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik.

Memberikan Atau Meminta Izin

  • Can I smoke here? (Dapatkah saya merokok di sini?)
  • Can I ask to you? (Dapatkah saya bertanya kepada Kamu?)
  • You can leave this room now (Kamu bisa meninggalkan ruangan ini sekarang)
  • You cannot come in (Kamu tidak bisa masuk)
Pada kalimat pertama, seseorang mengungkapkan bahwa “Bisakah saya merokok disini?” Secara tidak langsung, orang tersebut meminta izin untuk merokok di sebuah ruangan. Selanjutnya, pada kalimat ketiga yang berbunyi “Kamu dapat meninggalkan ruangan ini sekarang”. Pada kalimat ketiga tersebut terlihat ada seseorang yg memberi izin terhadap orang lain yg ingin meninggalkan ruangan tersebut saat ini.

Menawarkan Sesuatu, Meminta, dan Memberikan Instruksi

  • What can I do you? (Apa yang bisa saya lakukan?)
  • Can you do that for me? (Bisakah kamu melakukan itu untukku?)
  • When you finish your homework, you can go outside and meet your friends (Saat kamu menyelesaikan pekerjaan rumah mu, kamu bisa pergi ke luar dan bertemu teman mu) 
Pada kalimat pertama terlihat bahwa ada orang menawarkan bantuan dengan berkata “apa yang bisa saya lakukan untuk Kamu?” Pada kalimat kedua terlihat bahwa ada orang yang meminta bantuan dan pada kalimat ketiga ada orang yang memberikan sebuah instruksi.

Berhubungan Dengan Indra Dan Situasi Saat Ini

  • Can you smell something burning? (Bisakah kamu mencium sesuatu yang terbakar?)
  • I can’t hear that noise (Aku tidak bisa mendengar suara itu)
  • I can taste this food. It’s good (Saya bisa mencicipi makanan ini. Ini baik)
  • I can see those people walk to us (Aku bisa melihat orang-orang berjalan ke kami)
Empat kalimat di atas mengemukakan bahwa ada seseuatu yang terjadi saat ini dan menggunakan “Can” di dalam kalimatnya. Maka, “Can” bisa dipakai pada masa sekarang atau ketika terjadi pada sebuah peristiwa.

Pada kalimat negatif kita bisa memakai “cannot” atau “can’t”. Selanjutnya, pada kalimat pertanyaan kita bisa memakai “can” tetapi letaknya di depan.

Itulah Aturan Penggunaan “can” Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya. Semoga pembahasan pada artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar bahasa inggris. Jangan lupa untuk membaca artikel lain pada halaman blog ini untuk mendapatkan artikel lainnya seputaran pelajaran bahasa inggris dan kata-kata bijak dalam bahasa inggris. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Aturan Penggunaan “can” Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya"

Posting Komentar