Pentingnya Grammar Dalam Bahasa Inggris

Pentingnya Grammar Dalam Bahasa Inggris - Dalam mempelajari bahasa Inggris, menguasai grammar dengan baik merupakan syarat utama, baik untuk menulis ataupun berbicara. Apabila Kamu sudah mengetahui dan memahami grammar yang benar, maka Kamu akan mudah dalam menguasai bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia, grammar dikenal dengan tata bahasa. Secara linguistik (studi bahasa), grammar merupakan himpunan dari aturan-aturan yg terstruktur yg mengatur susunan kalimat, frase dan kata dalam bahasa apapun.

Grammar menjadi sesuatu yang susah dipahami, sebab pada dasarnya tata bahasa dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris berbeda. Grammar bertujuan untuk mempermudah si penerima pesan memahami pesan secara lebih bagus, begitu juga orang yang menyampaikannya. Oleh sebab itu, penguasaan grammar yang baik akan benar-benar membantu.

Pentingnya Grammar Dalam Bahasa Inggris
google images - Pentingnya Grammar Dalam Bahasa Inggris

Pertanyaan “apakah grammar itu penting dalam bahasa inggris?” Hingga kini masih menjadi kontroversi. Saya pernah dikasih tahu oleh seorang dosen dari Amerika. Ternyata dia membenci grammar dan tidak menyukai aturan-aturan tata bahasa yang begitu rumit. Garis besarnya, dosen saya dari Amerika tersebut tidak menganggap grammar sebagai hal yang harus dipelajari dengan serius.

Dengan demikian, yang mana harus kita percaya? Apakah grammar itu penting atau tidak? Apakah kita harus mempelajari atau tidak?

Pemikiran saya dengan sang dosen sampai kala ini masih berbeda. Berdasarkan pendapat saya sendiri, grammar adalah komponen inti dalam sebuah bahasa, tanpa grammar yang bagus, kita tak sanggup berbahasa dengan bagus pula. Coba kamu pikirkan, bisakah seorang dianggap benar dalam berbincang-bincang dan menulis jika tak memakai grammar yang bagus? Tentu saja tidak bisa?

Misalkan, Kamu menulis “I is” dan bukan “I am”, apakah kamu tetap dianggap benar? Pasti tidak?

Meskipun dosen saya yang mengangap grammar itu tak penting, itu adalah wajar. Sebab memang ia seorang native speaker atau penutur bahasa asli. Ia mengabaikan grammar sebab dia sudah memakai bahasa Inggris semenjak kecil. Tapi bagaimana dengan kita? Kita merupakan orang Indonesia, yang bagaimanapun akan memerlukan formula tenses, peraturan dalam passive voice, serta tata bahasa lainnya.  Kita bukan penutur asli serta tak berbicara bahasa Inggris sejak usia kecil seperti orang Amerika. Kita harus mempelajari grammar agar mampu berbahasa Inggris dengan bagus.

Dengan demikian, sebaiknya jangan menjadikan grammar sebagai ketakutan terbesar kamu. Contonya, kamu ingin berbicara, tetapi tidak jadi melakukannya sebab kamu takut salah dalam pengucapan subjek, kata kerja, pembentukan kalimat pasif, dan sebagainya. Maka, jadikanlah grammar sebagai hal yg penting, tetapi jangan jadikan sebagai ketakutan dan momok.

Ketika kamu ingin berbincang-bincang atau menulis dalam bahasa Inggris, anggap saja sebuah kesalahan sebagai hal wajar dalam belajar bahasa inggris. Tetapi berani meskipun salah, sebab dengan kesalahan grammar maka kamu akan terus belajar untuk menjadi siswa yg lebih baik lagi.


Itulah sedikit penjelasa saya mengenai Pentingnya Grammar Dalam Bahasa Inggris, semoga dengan mempelajari grammar kamu akan menjadi orang yang lebih baik lagi dalam berbicara dan menulis dalam bahasa inggris. Semoga artikel Pentingnya Grammar Dalam Bahasa Inggris ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi kamu dalam belajar grammar dalam bahasa inggris.

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya pada blog ini.ini adalah blog yang berisi materi pelajaran bahasa inggris serta kumpulan kata bijak, kata romantis, kata cinta, kata motivasi yang pastinya dalam bahasa inggris dan artinya dalam bahasa Indonesia. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Pentingnya Grammar Dalam Bahasa Inggris"

Posting Komentar