Pengertian, Jenis, Contoh Adjectives atau Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris

kataromantisbahasainggris.com – Pengertian, Jenis, Contoh Adjectives atau Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris - Adjective atau dlam bahasa Indonesia sering kita sebut dengan kata sifat ialah kata yang menjelaskan kata benda atau noun. Teman-teman bisa melihat contoh kata sifat dalam bahasa Indonesia yaitu rajin, bodoh, cantik, malas, tampan, pandai, dan cerdas.

Pengertian Adjective

Pengertian, Jenis, Contoh Adjectives atau Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris
google images - Pengertian, Jenis, Contoh Adjectives atau Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris
Adjective ialah kata yang dipakai untuk menerangkan noun atau pronoun yg dapat berupa orang (person), tempat (place), binatang (animal), benda atau konsep abstrak. Kata sifat bahasa Inggris ini adalah satu dari delapan part of speech.

Dengan demikian tugas adjective yaitu untuk memodifikasi noun atau pronoun agar lebih spesifik dan menarik, misalnya “The girl is beautiful”. Keberadaan “beautiful” pada kalimat tersebut akan membuat lebih spesifik tentang the girl. Biasanya adjective terletak di depan kata benda atau kata ganti, tetapi adjective juga bisa berdiri sendiri apabila menjadi pelengkap dalam sebuah kalimat, misalnya sebagai berikut:

  1. The beautiful girl (perempuan yang cantik; adjective mendahului noun)
  2. The girl is beautiful (perempuan itu cantik; adjective berdiri sendiri sbg pelengkap)
  3. A beautiful smart girl (seorang perempuan yg cantik dan pintar; dua adjective mendahului noun)

Dari contoh diatas kita bisa melihat bahwa umumnya adjective terletak sebelum noun (1) atau setelah be (2) dan apabila ada dua adjective bersamaan maka peletakannya diletakan secara berurutan sebelum noun (3).


  1. Bagaimana apabila kata sifat menjelaskan kata benda? Berikut ini adalah contohnya dalam bahasa Indonesia, yaitu: 
  2. Wanita cantik
  3. Lelaki malas
  4. Pemuda tampan
  5. Murid cerdas

Jadi, kata-kata “wanita, lelaki, pemuda, murid” merupakan kata benda, sedangkan kata-kata “cantik, malas, tampan, cerdas” merupakan kata sifat. Pada kalimat pertama, teman-teman mengetahui bahwa wanita tersebut cantik karena ada kata sifat “cantik”, begitu juga pada kalimat lainnya tersebut. Jadi, sudah jelas bukan bahwa kata sifat itu menjelaskan kata benda?

Tadi itu adalah contoh dalam bahasa Indonesia, sekarang kita beralih ke bahasa Inggris, perhatikan frase berikut:

  1. A Creative monkey
  2. A Beautiful lady
  3. A Good students
  4. A Smart teacher

Kata-kata yg digaris bawahi di atas merupakan anggota dari adjectives (kata sifat) yg fungsinya menjelaskan nouns (kata benda). Beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui akan dijelaskan di bawah ini.

Kata Sifat Yang Berlawanan (Antonim)
Untuk memberikan arti yg berlawanan kalian bisa menambahkan frefix atau awalan berupa un, in, atau dis. Awalan tersebut diterapkan berdasarkan aturan dlm bahasa Inggris. Apabila dalam bahasa Indonesia contohnya yaitu sebagai berikut:

  1. Malas VS Rajin
  2. Kaya VS Miskin
  3. Cepat VS Lambat

Itu adalah contoh dalam bahasa inndonesia, lalu bagaimana contoh dalam bahasa Inggris? perhatikan contohnya sebagai berikut:

  1. Clear VS Unclear
  2. Important VS Unimportant
  3. Correct VS Incorrect
  4. Complete VS Incomplete
  5. Able VS Disable
  6. Similar VS Dissimiliar


Urutan Adjective atau Kata Sifat

Kalian mungkin pernah menghadapi frase ini “gadis Indonesia cantik berumur 17 tahun”. Frase tersebut mengandung banyak kata sifat atau adjectives. Lalu bagaimana bentuknya dalam bahasa Inggris? Perhatikan contohnya dalam bahasa inggris berikut:

  1. A beautiful girl
  2. A beautiful 17 years old girl
  3. A beautiful 17 years old Indonesia girl

Kalian sudah jelas kan bagaimana urutannya dalam bahasa inggris? Kalian bisa melihat urutan atau “order of adjectives” yang lengkap di gambar tabel berikut ini:

Pengertian, Jenis, Contoh Adjectives atau Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris

1. Original Adjective
Adjective ini tidak terbentuk dari unsur kata apapun, melainkan memang ia tercipta untuk menjadi adjective.
Misal: Don’t step on the floor, it still wet.

2. Past Participle
Past participle atau yg biasa kita kenal dengan V3 seperti: broken (rusak) confused (bingung) juga bisa menjadi adjective.
Misal: Please help me to fix my broken car (tolong perbaiki mobilku yang rusak)

3. Article
Sebagian ahli grammar ada juga yang mengatakan bahwa article juga termasuk adjective. Yang termasuk article yaitu “a”, “an”, dan “the”.

4. Possessive Adjective
Possessive bisa diartikan sebagai kepemilikan. Dan yang dimaksud di sini yaitu possessive pronoun yang terdiri dari: my, your, his, her, its, dan their. Walau sebenarnya possessive pronoun tidak menerangkan atau menjelaskan kata benda, tetapi oleh para ahli grammar dimasukkan dalam kategori adjective.

5. Demonstrative Adjective
Yang dimaksud dengan demonstrative adjective adalah kata tunjuk seperti: these, this, that. Contoh: When the librarian tripped over that cord, she dropped a pile of books.

6. Interrogative Adjective
Karena interrogative, maka tentu memakai kata tanya seperti: what dan which.
Misalnya: Which plants should be watered twice a week?

Itulah Pengertian, Jenis, Contoh Adjectives atau Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris yang bisa saya jelaskan dalam artikel ini. Untuk kurang lebihnya saya minta maaf. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya pada blog ini. Sekian dan terima kasih

0 Response to "Pengertian, Jenis, Contoh Adjectives atau Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris"

Posting Komentar